Sunday, November 22, 2020

Filsafat Komunikasi (Bab 9)


QUIZ BAB 9 FILSAFAT KOMUNIKASI:

Penelitian yang berbasis mazhab Chicago dalam ilmu-ilmu sosial termasuk dalam kajian komunikasi massa banyak menimbulkan bias. Mengapa terjadi demikian? Lalu apa kritik mazhab Frankfurt terhadap mahzhab Chicago yang dianggap gagal memecahkan masalah-masalah sosial, termasuk fenomena komunikasi?

Tulis komen anda dengan mencantumkan nama, NIM, kelas.

32 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Nama : Herawan Fatoni
    Filsafat ilmu komunikasi


    Asumsi dominan dalam teori itu adalah bahwa kota menunjukkan cara hidup yang lebih radikal daripada pedesaan. Teori ini didasarkan pada prinsip ekologi urban (urban ecology), yaitu bahwa tekanan kekuatan-kekuatan yang berkompetisi dalam satu ruang terbatas menciptakan sejumlah wilayah secara alami yang masing-masing dihuni oleh kelompok sosial yang berbeda. Wilayah dan kelompok itu menjadi subjek penelitian yang kemudian melahirkan studi tentang antara lain hobo, skid row, keluarga Negro, dan ghetto Yahudi. Studi itu didasarkan pada etnografi (ethnography), sebuah metode yang juga digunakan untuk mempelajari seluk- beluk pekerjaan di kota: musisi, dokter, dan pelayan restoran misalnya. Penelitian kualitatif (quautative research) menjadi penelitian yang utama dengan menggunakan metode studi kasus (case study) dan tentu saja pengamatan partisipatif (participant observation). Tradisi etnografi di Chicago sering dikaitkan dengan interaksionisme simbolis (symbolic inter actionism), yaitu bahwa kajian mengenai wilayah perkotaan, kelompok sosial dan pekerjaan didasarkan pada konstruksi identitas yang dihasilkan oleh interaksi antara persepsi individu tentang diri sendiri dan persepsi orang lain pada dirinya. Perhatian ini didukung secara teoretis, mula-mula oleh karya W. Thomas kemudian george h. mead yang lebih penting. Dalam waktu yang sama, ada penekanan utama oleh karya W.F. Ogburn tentang kumpulan informasi statistik mendetail dari komunitas lokal.

    ReplyDelete
  3. Nama: Muhammad Rizki Anada
    Nim : 20702010023
    Mazhab Chicago yang tidak menggunakan teori sosial secara umum tidak dapat mengkaji fenomena fenomena komunikasi massa dalam hal penelitian efektivitas iklan misalnya,karena pihak sponsor ingin mengetahui apakah dana yang di keluarkan itu bermanfaat atau tidak maka disitu tidak dapat dipertanyakan manfaat sosial dari iklan tersebut. Yang memungkinkan hasil penelitian tersebut harus sesuai dengan kehendak sponsor sehingga diragukan keaslian penelitian tersebut.karena sangat rawan manipulasi data dan fakta demi memuaskan kehendak dari pihak sponsor.

    ReplyDelete
  4. Dedek jusitira sunanta pb
    20792010012
    Mazhab Frankfurt (bahasa Jerman: Frankfurter Schule) adalah sebuah istilah yang diberikan kepada pemikiran yang dihasilkan oleh kelompok filsuf yang memiliki afiliasi dengan Institut für Sozialforschung di Frankfurt, Jerman, dan pemikir-pemikir lainnya yang dipengaruhi oleh mereka. Tahun yang dianggap sebagai tahun kemulaian Mazhab Frankfurt ini adalah tahun 1930, ketika Max Horkheimer diangkat sebagai direktur lembaga riset sosial tersebut. Beberapa filsuf terkenal yang dianggap sebagai anggota Mazhab Frankfurt ini antara lain Theodor Adorno, Walter Benjamin, dan Jürgen Habermas. Perlu diingat bahwa para pemikir ini tidak pernah mendefinisikan diri mereka sendiri di dalam sebuah kelompok atau 'mazhab', dan bahwa penamaan ini diberikan secara retrospektif. Walaupun kebanyakan dari mereka memiliki sebuah ketertarikan intelektual dengan pemikiran neo-Marxisme dan kritik terhadap budaya (yang di kemudian hari memengaruhi munculnya bidang ilmu Studi Budaya), masing-masing pemikir mengaplikasikan kedua hal ini dengan cara-cara dan terhadap subyek kajian yang berbeda.


    Ketertarikan Mazhab Frankfurt terhadap pemikiran Karl Marx disebabkan antara lain oleh ketidakpuasan mereka terhadap penggunaan teori-teori Marxisme oleh kebanyakan orang lain, yang mereka anggap merupakan pandangan sempit terhadap pandangan asli Karl Marx. Menurut mereka, pandangan sempit ini tidak mampu memberikan 'jawaban' terhadap situasi mereka pada saat itu di Jerman. Setelah Perang Dunia Pertama dan meningkatnya kekuatan politik Nazi, Jerman yang ada pada saat itu sangatlah berbeda dengan Jerman yang dialami Karl Marx. Sehingga jelaslah bagi para pemikir Mazhab Frankfurt bahwa Marxisme harus dimodifikasi untuk bisa menjawab tantangan zaman.
    Patut dicatat bahwa beberapa pemikir utama Mahzab Frankfurt beragama Yahudi, dan terutama di perioda awal secara langsung menjadi korban Fasisme Nazi. Yang paling tragis ialah kematian Walter Benjamin, yang dicurigai melakukan bunuh diri setelah isi perpustakaannya disita oleh tentara Nazi. Beberapa yang lainnya, seperti Theodor Adorno dan Max Horkheimer terpaksa melarikan diri ke negara lain, terutama Amerika Serikat.

    ReplyDelete
  5. Nama : Ani Sagita 20702010060
    Kelas : FIKOM (Karyawan)

    Karena penelitian yang dilakukan oleh Mahzab Chicago menekankan pada efek komunikasi massa itu sendiri baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap khalayak dan juga khalayak pasif dalam menerima pesan-pesan media. Itulah sebab media begitu berperan dalam mempengaruhi atau merubah sikap dan perilaku khalayak.

    Kritik Mahzab Frankfurt terhadap Mahzab Chicago bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik yang tidak menggunakan teori sosial secara umum tidak dapat mengkaji fenomena-fenomena komunikasi, misalnya penelitian tentang efektivitas iklan, karena pihak sponsor ingin mengetahui apakah dana yang dikeluarkan bermanfaat atau tidak maka pihak sponsor tidak menanyakan manfaat sosial dari iklan tersebut. Karena Mahzab Chicago selalu di danai pihak sponsor hasil penelitian nya pun harus sesuai dengan kemauan pihak sponsor. Sehingga terkadang penelitian Mahzab Chicago diragukan kesahihan hasinya karena rawan manipulasi data demi memuaskan pihak sponsor

    ReplyDelete
  6. Nama : Devi Juanda
    Nim : 20702010019
    Kelas: Karyawan


    Kritik Mahzab Frankfurt terhadap Mahzab Chicago bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik yang tidak menggunakan teori sosial secara umum tidak dapat mengkaji fenomena-fenomena komunikasi, misalnya penelitian tentang efektivitas iklan, karena pihak sponsor ingin mengetahui apakah dana yang dikeluarkan bermanfaat atau tidak maka pihak sponsor tidak menanyakan manfaat sosial dari iklan tersebut. Karena Mahzab Chicago selalu di aniaya oleh pihak sponsor hasil penelitian nya pun harus sesuai dengan kemauan pihak sponsor. Sehingga terkadang penelitian Mahzab Chicago diragukan keahlin hasilnya karena rawan manipulasi data demi memuaskan pihak sponsor.

    ReplyDelete
  7. Nama : Eko Arie Prasetya
    NIM : 20802010008
    Kelas: Karyawan semester I

    Mazhab Frankfurt, sebagaimana dikenal dari namanya, adalah suatu gerakan pemikiran filosofis yang dikembangkan di Universitas Frankfurt mulai tahun 1930an. Bila yang “dilibatkan” dalam Mazhab Frankfurt adalah Horkheimer, Adorno, Marcuse, dan Habermas, maka gerakan tersebut identik dengan gerakan Teori Kritis. Namun ada pula ahli yang memahami mazhab tersebut lebih dari keempat tokoh tersebut, dan memasukkan Wellmer ke dalamnya (Geuss, 1989: 1). Menyebut Mazhab Frankfurt, sesungguhnya menyebut riwayat “tradisi intelektual” yang panjang. Horkheimer, Adorno, dan Marcuse adalah perintis gerakan pemikiran ini, yang kemudian sering pula disebut sebagai Generasi Pertama. Murid yang pernah ditolak oleh Horkheimer, Habermas, tidak dapat dilepaskan dari tradisi Mazhab Frankfurt. Ia disebut termasuk sebagai Generasi Kedua Madzab Frankfurt, sedangkan pada Institute for Social Research di bawah kepemimpinan Axel Honneth telah muncul Generasi Ketiga Mazhab Frankfurt.



    Tradisi intelektual ini disebut sebagai “mazhab” lantaran beberapa tokoh yang terlibat di dalamnya disatukan oleh suatu proyek teoretis (Honneth, 1987: 347). Melalui “buku paling gelap” Dialectic of Enlightenment, Horkheimer dan Adorno mengkonsepsikan proses penghancuran diri Pencerahan (Habermas, 1992: 106). Seluruh proses peradaban manusia ditentukan oleh suatu logika reifikasi gradual yang dirangkai dalam gerak oleh tindakan pertama penguasaan terhadap alam dan memuncak pada munculnya Fascisme (Honneth, 1987: 360). Lantaran awalan yang demikian, banyak yang menilai bahwa proyek teoretis yang dibangun oleh Mazhab Frankfurt adalah “proyek teoretis yang muram” karena menyoroti ekses dan sisi gelap perkembangan masyarakat modern. Pertanyaan yang kemudian mengemuka: Apakah sedemikian “gelap” pembacaan mazhab ini atas masa depan masyarakat modern? Apakah mungkin, dalam kerangka “kritik ideologi”, analisis mereka diterima sebagai upaya rasional-etis untuk memperlihatkan konsekuensi-konsekuensi modernitas yang gambaran “muram”-nya semakin kelihatan nyata pada masyarakat kita sekarang ini.

    ReplyDelete
  8. Intan oktaviani 20702010038
    Kelas karyawan

    Mazhab Frankfurt mengumpulkan para pembangkang Marxis, para kritikus keras kapitalisme yang percaya bahwa beberapa orang yang dianggap sebagai pengikut Marx telah membeo, menirukan beberapa cuplikan sempit dari gagasan-gagasan Marx, biasanya dalam membela partai-partai komunis atau Sosial-Demokrat ortodoks. Mereka khususnya dipengaruhi oleh kegagaln revolusi kaum pekerja di Eropa Barat setelah Perang Dunia I dan oleh bangkitnya Nazisme di negara yang secara ekonomi, teknologi, dan budaya maju (Jerman). Karena itu mereka merasa harus memilih bagian-bagian mana dari pemikiran-pemikiran Marx yang dapat menolong untuk memperjelas kondisi-kondisi yang Marx sendiri tidak pernah lihat. Mereka meminjam dari mazhab-mazhab pemikiran lain yang mengisi apa yang dianggap kurang dari Marx. Max Weber memberikan pengaruh yang besar, seperti halnya juga Sigmund Freud (seperti dalam kasus sintesis Freudo-Marxis oleh Herbert Marcuse dalam karyanya tahun 1954, Eros and Civilization). Penekanan mereka terhadap komponen "Kritis" dari teori sangat banyak meminjam dari upaya mereka untuk mengatasi batas-batas dari positivisme, materialisme yang kasar, dan fenomenologi dengan kembali kepada filsafat kritis Kant dan penerus-penerusnya dalam idealisme Jerman, khususnya filsafat Hegel, dengan penekanannya pada negasi dan kontradiksi sebagai bagian yang inheren dari realitas. Sebuah pengaruh penting juga dating dari penerbitan Manuskrip Ekonomi-Filsafat dan Ideologi Jerman karya Marx tahun 1930-an yang memperlihatkan kesinambungan dengan Hegelianisme yang mendasari pemikiran-pemikiran Marx: Marcuse adalah salah satu orang yang pertama mengartikulasikan signifikansi teoretis dari teks-teks ini.Institut ini membuat sumbangan-sumbangan penting dalam dua bidang yang terkait dengan kemungkinan-kemungkinan subyek manusia yang rasional, yaitu individu-individu yang dapat bertindak secara rasional untuk bertanggung jawab atas masyarakat dan sejarah mereka sendiri. Yang pertama terdiri atas fenomena sosial yang sebelumnya dianggap dalam Marxisme sebagai bagian dari "superstruktur" atau sebagai ideologi: struktur-struktur kepribadian, keluarga dan otoritas (penerbitan bukunya yang pertama diberi judul Studi tentang Otoritas dan Keluarga), dan ranah estetika dan budaya massa. Studi-studi ini juga melihat kepedulian bersama di sini dalam kemampuan kapitalisme untuk menghancurkan prakondisi-prakondisi Kritis, kesadaran revolusioner. Ini berarti tiba pada kesadaran canggih tentang dimensi kedalaman di mana penindasan sosial mempertahankan dirinya sendiri. Ini juga merupakan awal dari pengakuan teori Kritis terhadap ideologi sebagai bagian dari dasar-dasar struktur sosial. Institut ini dan berbagai pihak yang ikut bekerja sama dengannya mempunyai dampak yang hebat terhadap ilmu sosial (khususnya Amerika) melalui karya mereka The Authoritarian Personality (“Kepribadian yang Otoriter), yang melakukan penelitian empiris yang luas, dengan menggunakan kategori-kategori sosiologis dan psikoanalisis, untuk menggambarkan kekuatan-kekuatan yang mendorong individu untuk berafiliasi dengan atau mendukung gerakan-gerakan atau partai-partai fasis.

    ReplyDelete
  9. Nama : fitri febriani
    Nim : 20702010005
    Prodi: ilmu komunikasi

    Karena mahzab chicago lebih menitik beratkan pada efek komunikasi massa baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap khalayak, khalayak sendiri pasif dalam menerima pesan-pesa n media. Mahzab ini juga menganut aliran positivisme empirik.

    ~ kritiknya adalah
    1. Tidak menggunakan teori sosial umum dalam mengkaji fenomena massa.
    2. Mahzab chicago juga meneliti berdasarkan pihak sponsor/iklan yang nendanai mereka. Oleh karena itu, kesahihannya diragukan karena rawan manipulasi karena data dan fakta memuasakan pihak sponsor.

    ReplyDelete
  10. Nama:Lia iska oktarina
    Nim :20702010065

    Penelitian mazhab chicago dalam ilmu ilmu sosial termasuk kajian komunikasi massa banyak menimbulkan bias karena mazhab chicago dalam ilmu ilmu sosial serta komunikasi massa lebih menekan kan pada efek komunikasi massa dan mengambarkan bahwa khalayak yg pasif dalam menerima pesan pesan media,serta tidak menggunakan teori sosial secara umum serta tidak mengkaji fenomena fenomena komunikasi massa.
    Kritik mazhab frankfurt
    -menyatakan bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik mazhab chicago tidak menggunakan teori sosial secara umum,serta tidak mengkaji fenomena fenomena komunikasi massa.
    -hasil penelitian dari mazhab chicago diragukan kesahihannya karena sangat rawan dengan manipulasi data dan fakta demi memuaskan keinginan pihak sponsor.
    Terima kasih🙏

    ReplyDelete
  11. Nama :Erwin alvarisi
    Nim : 20702010037
    Kelas:karyawan

    Mazhab Chicago yang tidak menggunakan teori sosial secara umum tidak dapat mengkaji fenomena fenomena komunikasi massa dalam hal penelitian efektivitas iklan misalnya,karena pihak sponsor ingin mengetahui apakah dana yang di keluarkan itu bermanfaat atau tidak maka disitu tidak dapat dipertanyakan manfaat sosial dari iklan tersebut. Yang memungkinkan hasil penelitian tersebut harus sesuai dengan kehendak sponsor sehingga diragukan keaslian penelitian tersebut.karena sangat rawan manipulasi data dan fakta demi memuaskan kehendak dari pihak sponsor.

    ReplyDelete
  12. Nama: Hidayat
    Nim: 20702010003
    Mata Kuliah: Filsafat ilmu komunikasi
    Dosen Pengampu: Herdiansyah Amanu, M. I. Kom.
    Perihal: Tugas MK FIK.
    Mahzab frankfurt dalam bahasa jerman yg berarti frankfurte schule, sebuah istilah yang diberikan kepada pemikiran yg dihasilkan oleh kelompok filsuf yg memiliki afiliasi dengan institut fur sozialforschung di frankfurt jerman.
    Karena penelitian yang dilakukan oleh mahzab Chicago menekankan efek komunikasi masa itu sendiri baik secara langsung mau pun tidak langsung terhadap khalayak dan juga khalayak pasif dalam menerima pesan media,kritik mahzab frankfurt terhadap mahzab chicago bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik dan empiris yang tidak menggunakan teori sosial secara umum tidak dapat mengkaji fenomena fenomena komunikasi.
    Teori ini didasarkan pada prinsip ekologi urban yaitu bahwa tekanan kekuatan kekuatan yang berkompetisi dalam satu ruang terbatas menciptakan sejumlah wilayah secara alami yang masing masing dihuni oleh kelompok social yang berbeda.

    ReplyDelete
  13. Nama : Ramanda
    Nim : 20702010006
    Prodi : Ilmu Komunikasi (Karyawan)

    Mazhab Chicago sebuah istilah yang diberikan kepada pemikiran yang dihasilkan oleh kelompok filsuf yang memiliki afiliasi dengan Institut für Sozialforschung di Frankfurt, Jerman, dan pemikir-pemikir lainnya yang dipengaruhi oleh mereka. Tahun yang dianggap sebagai tahun kemulaian Mazhab Frankfurt ini adalah tahun 1930, ketika Max Horkheimer diangkat sebagai direktur lembaga riset sosial tersebut. Beberapa filsuf terkenal yang dianggap sebagai anggota Mazhab Frankfurt ini antara lain Theodor Adorno, Walter Benjamin, dan Jürgen Habermas.

    Mazhab Frankfurt, sebagaimana dikenal dari namanya, adalah suatu gerakan pemikiran filosofis yang dikembangkan di Universitas Frankfurt mulai tahun 1930an. Bila yang “dilibatkan” dalam Mazhab Frankfurt adalah Horkheimer, Adorno, Marcuse, dan Habermas, maka gerakan tersebut identik dengan gerakan Teori Kritis. Namun ada pula ahli yang memahami mazhab tersebut lebih dari keempat tokoh tersebut, dan memasukkan Wellmer ke dalamnya (Geuss, 1989: 1). Menyebut Mazhab Frankfurt, sesungguhnya menyebut riwayat “tradisi intelektual” yang panjang. Horkheimer, Adorno, dan Marcuse adalah perintis gerakan pemikiran ini, yang kemudian sering pula disebut sebagai Generasi Pertama. Murid yang pernah ditolak oleh Horkheimer, Habermas, tidak dapat dilepaskan dari tradisi Mazhab Frankfurt. Ia disebut termasuk sebagai Generasi Kedua Madzab Frankfurt, sedangkan pada Institute for Social Research di bawah kepemimpinan Axel Honneth telah muncul Generasi Ketiga Mazhab Frankfurt.

    ReplyDelete
  14. Nama : Agung apri Wijaya Kusuma
    Nim : 20702010074
    Prodi: ilmu komunikasi (karyawan)

    Kritik Mahzab Frankfurt terhadap Mahzab Chicago bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik yang tidak menggunakan teori sosial secara umum tidak dapat mengkaji fenomena-fenomena komunikasi,misalnya,karena pihak sponsor ingin mengetahui apakah dana yang di keluarkan itu bermanfaat atau tidak maka disitu tidak dapat dipertanyakan manfaat sosial dari iklan tersebut.dan juga Karena Mahzab Chicago selalu di danai pihak sponsor hasil penelitian nya pun harus sesuai dengan kemauan pihak sponsor.

    ReplyDelete
  15. Nama : Yarli Rhomadon Wiranto
    Nim : 20702010013
    Prodi : ilmu komunikasi

    Di saat teknologi komunikasi massa mulai berkembangan sangat pesat pada tahun 1960-an timbul berbagai perbedaan pendapat mengenai efek komunikasi masa di kalangan para tokoh-tokoh atau pakar-pakar ilmu komunikasi yang di sebut mazhab atau aliran. Terdapat dua mazhab yang berbeda pendapat mengenai efek tersebut, yaitu mazhab Frankfurt dan Mazhab Chicago.

    Mazhab Frankfurt adalah Mazhab atau aliran yang berasal dari negara Jerman. Mazhab Franfurt dengan tokoh-tokohnya Th. Adorno, M. Horkheimer, W. Benjamin, P. Lazarsfeld, dan M. Marcuce dari Institut Frankfurt untuk penelitian sosial, penelitiannya dinamakan penelitian kritik (critical research) yang menampilkan teori komunikasi kritik.

    Yang dijadikan objek studi adalah peranan media massa dalam kehidupan modern dengan filosofi kritik dalam bentuk lain terhadap kritik Karl Marx. Bukan saja determinisme ekonomi yang ditentangnya, tetapi juga positivisme empirik.

    Teori komunikasi kritik muncul ketika terjadi aksi-aksi mahasiswa di Eropa Barat pada tahun 1960-an khususnya di Jerman pada tahun 1967 yang menuntut demokratisasi universitas. Aksi-aksi itu kemudian dilancarkan juga kepada media massa yang dianggapnya tidak memperdulikan ketertiban, hukum, tidak mengindahkan hakikat hasrat politik para mahasiswa, terutama pada media cetak.

    Teori komunikasi kritik itu semakin semarak, setelah muncul Jurgen Hubermas. Hubermas dikenal sebagai filsuf masa kini tentang kritisnya terhadap pemikiran Marxis. Dalam hubungan ini sebagai pengganti paradigma kerja, Habermas mengacu kepada paradigma komunikasi.

    Implikasi dari paradigma baru ini adalah memahami praxis emansipatoris sebagai dialog-dialog komunikatif dan tindakan-tindakan komunikatif yang menghasilkan pencerahan. Hal ini bertolak belakang dengan teori-teori Marxis klasik yang menempuh jalan revolusioner untuk menjungkirbalikan struktur masyarakat demi terciptanya masyarakat sosialis yang dicita-citakan. Habermas menempuh jalan konsensus dengan sasaran terciptanya ”demokrasi radikal”, yaitu hubungan-hubungan soisal yang terjadi dalam lingkup komunikasi bebas kekuasaan

    ReplyDelete
  16. Nama: Mutiara Fadillah
    NIM: 20702010085
    Kelas: Karyawan

    Kritik Mahzab Frankfurt terhadap Mahzab Chicago bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik yang tidak menggunakan teori sosial secara umum tidak dapat mengkaji fenomena-fenomena komunikasi,misalnya,karena pihak sponsor ingin mengetahui apakah dana yang di keluarkan itu bermanfaat atau tidak maka disitu tidak dapat dipertanyakan manfaat sosial dari iklan tersebut.dan juga Karena Mahzab Chicago selalu di danai pihak sponsor hasil penelitian nya pun harus sesuai dengan kemauan pihak sponsor. Hal ini juga menjadi sorotan kritik dari Mahzab Frankfurt.

    ReplyDelete
  17. Nama : Asri Firmansyah
    Nim : 20702010001

    Karena Mahzab Chicago menekankan pada efek komunikasi massa itu sendiri baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap khalayak dan juga khalayak pasif dalam menerima pesan-pesan media. Itulah sebab media begitu berperan dalam mempengaruhi atau merubah sikap dan perilaku khalayak. 

    Kritik mazhab frankfurt
    -menyatakan bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik mazhab chicago tidak menggunakan teori sosial secara umum,serta tidak mengkaji fenomena fenomena komunikasi massa.
    -hasil penelitian dari mazhab chicago diragukan kesahihannya karena sangat rawan dengan manipulasi data dan fakta demi memuaskan keinginan pihak sponsor.


    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Nama :Fitya Rahma
    Kelas :karyawan
    Nim : 20702010090

    Kritik Mazhab Frankfurt terhadap Mazhab Chicago, antara lain menyatakan bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik oleh Mazhab Chicago yang tidak menggunakan teori sosial secara umum tidak dapat mengkaji fenomena-fenomena komunikasi massa. Dalam hal penelitian mengenai keefektifan pesan iklan, misalnya, di-sebabkan pihak sponsor ingin mengetahui apakah dana yang dikeluarkannya bermanfaat atau tidak, maka di situ tidak dipertanyakan manfaat sosial dari iklan tersebut.

    Bertolak dari teori sosial yang memandang emansipasi dari individu sebagai pusat perhatian, maka Mazhab Frankfurt berpandangan pesi- mistik akan peranan media massa dalam kehidupan Barat yang modern. Menurut para pakar Mazhab Frankfurt, dalam kehidupan Barat yang modern, kehidupan telah menjadi kebudayaan massa (massculture) dan individu lebih merupakan konsumen dari kebudayaan massa itu, ketimbang menjadi penikmat kebudayaan. Sehubungan itu yang berperan pada permulaan abad 20 adalah film, disusul radio, kemudian televisi, termasuk video. Dalam perkembangan akibat dari kemajuan teknologi yang semakin canggih, ketiga jenis media massa itu saling bersaing untuk memikat perhatian dan minat khalayak.
    mazhab Frankfurt akan selalu memakai Ideologi kritisme, Nonpositivisme yang hakikatnya memiliki kesamaan pokok pikir.
    Sedangkan mazhab Chicago selalu menggunakan sudut pandang objektif terhadap media yang menerpa dan post positivis (kuantitatif). Bersikap netral kepada media tidak membenarkan dan tidak juga menyalahkan. Media dijadikan alat politik dan kehidupan orang di Amerika Serikat berlandaskan ideologi kapitalis.

    ReplyDelete
  20. Nama : Rian Anggara
    Nim : 20702010097

    Mazhab ekonomi Chicago memiliki karakteristik yang mengutamakan peran individu sebagai pemeran utama dari penggerak ekonomi dan meminimalkan peran/intervensi pemerintah dalam mengatur/meregulasi ekonomi serta mendukung konsep monetarisme.

    Mazhab chicago sering sekali disebut sebagai mazhab yang mirip / menyerupai dengan mazhab ekonomi austria. Hal ini disebabkan oleh adanya persamaan pandangan mengenai peran individu di dalam pengembangan ekonomi serta meminimalkan peran pemerintah di dalam mengatur/meregulasi ekonomi. Mazhab ekonomi austria juga memiliki kesamaan lain seperti menggunakan matematika (statistika) sebagai salah satu metode di dalam penyampaian data. Mazhab ini juga terkenal karena menerapkan ilmu praksiologi, suatu ilmu yang membahas mengenai tindakan manusia.[2]


    Mazhab Frankfurt (bahasa Jerman: Frankfurter Schule) adalah sebuah istilah yang diberikan kepada pemikiran yang dihasilkan oleh kelompok filsuf yang memiliki afiliasi dengan Institut für Sozialforschung di Frankfurt, Jerman, dan pemikir-pemikir lainnya yang dipengaruhi oleh mereka. Tahun yang dianggap sebagai tahun kemulaian Mazhab Frankfurt ini adalah tahun 1930, ketika Max Horkheimer diangkat sebagai direktur lembaga riset sosial tersebut. Beberapa filsuf terkenal yang dianggap sebagai anggota Mazhab Frankfurt ini antara lain Theodor Adorno, Walter Benjamin, dan Jürgen Habermas. Perlu diingat bahwa para pemikir ini tidak pernah mendefinisikan diri mereka sendiri di dalam sebuah kelompok atau 'mazhab', dan bahwa penamaan ini diberikan secara retrospektif. Walaupun kebanyakan dari mereka memiliki sebuah ketertarikan intelektual dengan pemikiran neo-Marxisme dan kritik terhadap budaya (yang di kemudian hari memengaruhi munculnya bidang ilmu Studi Budaya), masing-masing pemikir mengaplikasikan kedua hal ini dengan cara-cara dan terhadap subyek kajian yang berbeda.

    Ketertarikan Mazhab Frankfurt terhadap pemikiran Karl Marx disebabkan antara lain oleh ketidakpuasan mereka terhadap penggunaan teori-teori Marxisme oleh kebanyakan orang lain, yang mereka anggap merupakan pandangan sempit terhadap pandangan asli Karl Marx. Menurut mereka, pandangan sempit ini tidak mampu memberikan 'jawaban' terhadap situasi mereka pada saat itu di Jerman.

    ReplyDelete
  21. Nama :Levi afriandi
    Nim: 20702010095

    Penelitian mazhab chaniago dalam ilmu ilmu sosial termasuk dalam kajian komunikasi massa dikatakan bias karena chicago dalam ilmu ilmu sosial serta komunikasi massa lebih menekankan pada efek komunikasi massa,khalayak yg pasif saat menerima pesan pesan media dan tidak menggunakan tiori sosial secara umum serta fenomena yang ada dikomunikasi massa,
    Kritik frankfurt mengatakan bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik mazhab chicago tidak menggunakan teori sosial secara umum serta tidak mengkaji fenomena fenomena komunikasi
    Mahzab chicago yang selalu didanai oleh pihak sponsor hasil penelitiannya pun harus sesuai dengan kehendak sponsor.maka hasil penelitiannya jelas diragukan keshahihannya karena sangat rawan dengan manipulasi data dan fakta demi memuaskan keinginan pihak sponsor

    ReplyDelete
  22. Nama : Crsiye
    Nim : 20702010059
    Prodi : Ilmu Komunikasi
    Kelas : Karyawan

    Mazhab Chicago adalah Mazhab atau aliran yang bewrasal dari Amerika Serikat. Mazhab Chicago tokoh-tokohnya Robert5 Ezra Park, Harold D. Lasswell, Bernard Berelson, Robert K. Merton, Daniel Lener, Ithiel Da Sola Pool, Wilbur Schramm, Charles Wright, David Berlo, dan lain-lain.
    Mazhab Chicago dengan positivisme empirik menitikberatkan penelitiannya pada pemecahan masalah kriminal, prostitusi, dan masalah-masalah lainnya yang timbul akibat industrialisasi dan urbanisasi yang berlangsung sangat cepat

    Mazhab Frankfurt adalah Mazhab atau aliran yang berasal dari negara Jerman. Mazhab Franfurt dengan tokoh-tokohnya Th. Adorno, M. Horkheimer, W. Benjamin, P. Lazarsfeld, dan M. Marcuce dari Institut Frankfurt untuk penelitian sosial, penelitiannya dinamakan penelitian kritik (critical research) yang menampilkan teori komunikasi kritik.
    Yang dijadikan objek studi adalah peranan media massa dalam kehidupan modern dengan filosofi kritik dalam bentuk lain terhadap kritik Karl Marx. Bukan saja determinisme ekonomi yang ditentangnya, tetapi juga positivisme empirik.
    Dampak Teori Komunikasi Kritik terhadap perkembangan ilmu komunikasi ialah timbulnya kesadaran bahwa komunikasi massa dan media massa harus dipelajari secara konteks sosial agar dapat diperoleh latar belakang historis – ekonomis – politik bagi fenomena komunikasi massa

    ReplyDelete
  23. Nama: Muhammad sahrul
    Nim:20702010088

    Mahzab chicago lebih menitik beratkan pada efek komunikasi massa baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap khalayak. Disini digambarkan khalayak yang pasif saat menerima media. Jadi media perkasa dalam mempengaruhi atau mengubah sikap dan perilaku khalayak.

    Kritik mahzab Frankfurt diantaranya menyatakan bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik oleh mahzab Chicago yang tidak menggunakan teori secara umum tidak dapat mengkaji fenomena"komunikasi massa. Dalam hal penelitian mahzab Chicago selalu didanai oleh pihak sponsor,hasil penelitian nya pun harus di sesuaikan dengan kehendak sponsor ,jelas disini diragukan keasliannya karena rawan dengan manipulasi data dan fakta demi memuaskan pihak sponsor.

    ReplyDelete
  24. Nama : M. Rajab Sapriadi
    NIM : 20702010096

    karena penelitian yang semula merupakan kegiatan kreatif perorangan menjadi pekerja secara borongan. Penelitannya banyak dilakukan terhadap persuasi, propaganda, dan efek langsung dari media massa pada khalayak. dan Mahzab chicago menyadari bahwa media komunikasi memiliki keperkasaan dalam mempengaruhi masyarakat.

    oleh sebab itu Mahzab Frankfurt mengkritisi bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik yang dilakukan mahzab chicago yang tidak menggunakan teori sosial secara umum tidak dapat mengkaji fenomena komunikasi massa. Bahkan penelitian Mahzab chicago selalui didanai sponsor, hasil penelitiannya pun harus sesuai kehendak sponsor. Sehingga hasil penelitianya pun diragukan kebenarannya. Dikarenakan rawan manipulasi data dan fakta demi memuaskan sponsor.

    ReplyDelete
  25. Nama : Candra saputra
    Nim : 20702010045
    Prodi : ilmu komunikasi

    Di saat teknologi komunikasi massa mulai berkembangan sangat pesat pada tahun 1960-an timbul berbagai perbedaan pendapat mengenai efek komunikasi masa di kalangan para tokoh-tokoh atau pakar-pakar ilmu komunikasi yang di sebut mazhab atau aliran. Terdapat dua mazhab yang berbeda pendapat mengenai efek tersebut, yaitu mazhab Frankfurt dan Mazhab Chicago.

    Mazhab Frankfurt adalah Mazhab atau aliran yang berasal dari negara Jerman. Mazhab Franfurt dengan tokoh-tokohnya Th. Adorno, M. Horkheimer, W. Benjamin, P. Lazarsfeld, dan M. Marcuce dari Institut Frankfurt untuk penelitian sosial, penelitiannya dinamakan penelitian kritik (critical research) yang menampilkan teori komunikasi kritik.

    Yang dijadikan objek studi adalah peranan media massa dalam kehidupan modern dengan filosofi kritik dalam bentuk lain terhadap kritik Karl Marx. Bukan saja determinisme ekonomi yang ditentangnya, tetapi juga positivisme empirik.

    Teori komunikasi kritik muncul ketika terjadi aksi-aksi mahasiswa di Eropa Barat pada tahun 1960-an khususnya di Jerman pada tahun 1967 yang menuntut demokratisasi universitas. Aksi-aksi itu kemudian dilancarkan juga kepada media massa yang dianggapnya tidak memperdulikan ketertiban, hukum, tidak mengindahkan hakikat hasrat politik para mahasiswa, terutama pada media cetak.

    Teori komunikasi kritik itu semakin semarak, setelah muncul Jurgen Hubermas. Hubermas dikenal sebagai filsuf masa kini tentang kritisnya terhadap pemikiran Marxis. Dalam hubungan ini sebagai pengganti paradigma kerja, Habermas mengacu kepada paradigma komunikasi.

    Implikasi dari paradigma baru ini adalah memahami praxis emansipatoris sebagai dialog-dialog komunikatif dan tindakan-tindakan komunikatif yang menghasilkan pencerahan. Hal ini bertolak belakang dengan teori-teori Marxis klasik yang menempuh jalan revolusioner untuk menjungkirbalikan struktur masyarakat demi terciptanya masyarakat sosialis yang dicita-citakan. Habermas menempuh jalan konsensus dengan sasaran terciptanya ”demokrasi radikal”, yaitu hubungan-hubungan soisal yang terjadi dalam lingkup komunikasi bebas kekuasaan.

    Dampak Teori Komunikasi Kritik terhadap perkembangan ilmu komunikasi ialah timbulnya kesadaran bahwa komunikasi massa dan media massa harus dipelajari secara konteks sosial agar dapat diperoleh latar belakang historis – ekonomis – politik bagi fenomena komunikasi massa.

    Mazhab Chicago adalah Mazhab atau aliran yang bewrasal dari Amerika Serikat. Mazhab Chicago tokoh-tokohnya Robert5 Ezra Park, Harold D. Lasswell, Bernard Berelson, Robert K. Merton, Daniel Lener, Ithiel Da Sola Pool, Wilbur Schramm, Charles Wright, David Berlo, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  26. Nama : Candra saputra
    Nim : 20702010045
    Prodi : ilmu komunikasi

    Di saat teknologi komunikasi massa mulai berkembangan sangat pesat pada tahun 1960-an timbul berbagai perbedaan pendapat mengenai efek komunikasi masa di kalangan para tokoh-tokoh atau pakar-pakar ilmu komunikasi yang di sebut mazhab atau aliran. Terdapat dua mazhab yang berbeda pendapat mengenai efek tersebut, yaitu mazhab Frankfurt dan Mazhab Chicago.

    Mazhab Frankfurt adalah Mazhab atau aliran yang berasal dari negara Jerman. Mazhab Franfurt dengan tokoh-tokohnya Th. Adorno, M. Horkheimer, W. Benjamin, P. Lazarsfeld, dan M. Marcuce dari Institut Frankfurt untuk penelitian sosial, penelitiannya dinamakan penelitian kritik (critical research) yang menampilkan teori komunikasi kritik.

    Yang dijadikan objek studi adalah peranan media massa dalam kehidupan modern dengan filosofi kritik dalam bentuk lain terhadap kritik Karl Marx. Bukan saja determinisme ekonomi yang ditentangnya, tetapi juga positivisme empirik.

    Teori komunikasi kritik muncul ketika terjadi aksi-aksi mahasiswa di Eropa Barat pada tahun 1960-an khususnya di Jerman pada tahun 1967 yang menuntut demokratisasi universitas. Aksi-aksi itu kemudian dilancarkan juga kepada media massa yang dianggapnya tidak memperdulikan ketertiban, hukum, tidak mengindahkan hakikat hasrat politik para mahasiswa, terutama pada media cetak.

    Teori komunikasi kritik itu semakin semarak, setelah muncul Jurgen Hubermas. Hubermas dikenal sebagai filsuf masa kini tentang kritisnya terhadap pemikiran Marxis. Dalam hubungan ini sebagai pengganti paradigma kerja, Habermas mengacu kepada paradigma komunikasi.

    Implikasi dari paradigma baru ini adalah memahami praxis emansipatoris sebagai dialog-dialog komunikatif dan tindakan-tindakan komunikatif yang menghasilkan pencerahan. Hal ini bertolak belakang dengan teori-teori Marxis klasik yang menempuh jalan revolusioner untuk menjungkirbalikan struktur masyarakat demi terciptanya masyarakat sosialis yang dicita-citakan. Habermas menempuh jalan konsensus dengan sasaran terciptanya ”demokrasi radikal”, yaitu hubungan-hubungan soisal yang terjadi dalam lingkup komunikasi bebas kekuasaan.

    Dampak Teori Komunikasi Kritik terhadap perkembangan ilmu komunikasi ialah timbulnya kesadaran bahwa komunikasi massa dan media massa harus dipelajari secara konteks sosial agar dapat diperoleh latar belakang historis – ekonomis – politik bagi fenomena komunikasi massa.

    Mazhab Chicago adalah Mazhab atau aliran yang bewrasal dari Amerika Serikat. Mazhab Chicago tokoh-tokohnya Robert5 Ezra Park, Harold D. Lasswell, Bernard Berelson, Robert K. Merton, Daniel Lener, Ithiel Da Sola Pool, Wilbur Schramm, Charles Wright, David Berlo, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  27. Nama : Candra saputra
    Nim : 20702010045
    Prodi : ilmu komunikasi

    Di saat teknologi komunikasi massa mulai berkembangan sangat pesat pada tahun 1960-an timbul berbagai perbedaan pendapat mengenai efek komunikasi masa di kalangan para tokoh-tokoh atau pakar-pakar ilmu komunikasi yang di sebut mazhab atau aliran. Terdapat dua mazhab yang berbeda pendapat mengenai efek tersebut, yaitu mazhab Frankfurt dan Mazhab Chicago.

    Mazhab Frankfurt adalah Mazhab atau aliran yang berasal dari negara Jerman. Mazhab Franfurt dengan tokoh-tokohnya Th. Adorno, M. Horkheimer, W. Benjamin, P. Lazarsfeld, dan M. Marcuce dari Institut Frankfurt untuk penelitian sosial, penelitiannya dinamakan penelitian kritik (critical research) yang menampilkan teori komunikasi kritik.

    Yang dijadikan objek studi adalah peranan media massa dalam kehidupan modern dengan filosofi kritik dalam bentuk lain terhadap kritik Karl Marx. Bukan saja determinisme ekonomi yang ditentangnya, tetapi juga positivisme empirik.

    Teori komunikasi kritik muncul ketika terjadi aksi-aksi mahasiswa di Eropa Barat pada tahun 1960-an khususnya di Jerman pada tahun 1967 yang menuntut demokratisasi universitas. Aksi-aksi itu kemudian dilancarkan juga kepada media massa yang dianggapnya tidak memperdulikan ketertiban, hukum, tidak mengindahkan hakikat hasrat politik para mahasiswa, terutama pada media cetak.

    Teori komunikasi kritik itu semakin semarak, setelah muncul Jurgen Hubermas. Hubermas dikenal sebagai filsuf masa kini tentang kritisnya terhadap pemikiran Marxis. Dalam hubungan ini sebagai pengganti paradigma kerja, Habermas mengacu kepada paradigma komunikasi.

    Implikasi dari paradigma baru ini adalah memahami praxis emansipatoris sebagai dialog-dialog komunikatif dan tindakan-tindakan komunikatif yang menghasilkan pencerahan. Hal ini bertolak belakang dengan teori-teori Marxis klasik yang menempuh jalan revolusioner untuk menjungkirbalikan struktur masyarakat demi terciptanya masyarakat sosialis yang dicita-citakan. Habermas menempuh jalan konsensus dengan sasaran terciptanya ”demokrasi radikal”, yaitu hubungan-hubungan soisal yang terjadi dalam lingkup komunikasi bebas kekuasaan.

    Dampak Teori Komunikasi Kritik terhadap perkembangan ilmu komunikasi ialah timbulnya kesadaran bahwa komunikasi massa dan media massa harus dipelajari secara konteks sosial agar dapat diperoleh latar belakang historis – ekonomis – politik bagi fenomena komunikasi massa.

    Mazhab Chicago adalah Mazhab atau aliran yang bewrasal dari Amerika Serikat. Mazhab Chicago tokoh-tokohnya Robert5 Ezra Park, Harold D. Lasswell, Bernard Berelson, Robert K. Merton, Daniel Lener, Ithiel Da Sola Pool, Wilbur Schramm, Charles Wright, David Berlo, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  28. Nama : Putri Utami
    Nim : 20702010086
    MK : Filsafat ilmu komunikasi

    lirik mazhab Frankfurt terhadap mazhab Chicago antara lain menyatakan bahwa penelitian komunikasi massa yang positif istick empiris oleh mazhab Chicago yang tidak dapat mengkaji fenomena fenomena komunikasi massa, dalam hal penelitian mengenai keefektifan pesan iklan,misalnya disebabkan pihak sponsor ingin mengetahui apakah dana yang dikeluarkan nya bermanfaat atau tidak maka di situ tidak dipertanyakan manfaat sosial dari iklan tersebut.

    Bertolak dari teori sosial yang memandang emansipasi dari individu sebagai pusat perhatian maka mazhab Frankfurt berpandangan pessimistic akan peranan media massa yang kehidupan berat yang modern.Menurut para pakar mazhab Frankfurt dalam kehidupan barat yang modern, kehidupan telah menjadi kebudayaan masa atau masa kultur dan individu lebih merupakan konsumen dari kebudayaan masa itu ketimbang menjadi ku penikmat kebudayaan. Hubungan itu berperan pada permulaan abad 20 adalah film ,disusul radio, kemudian televisi, termasuk video.dalam perkembangan akibat dari kemajuan bangsateknologi yang semakin canggih tiga jenis media massa itu saling bersaing untuk memikat perhatian dan minat khalayak.

    ReplyDelete
  29. Nama:Ani kristin
    Kelas:karyawan
    Prodi:ilmu komunikasi


    Menurut mahzab frankfurt ialah Karena Mazhab
    Frankfurt sangat dominan membicarakan Marxisme, perkembangan
    pemikiran Mazhab Frankfurt ini akhirnya dapat dikatakan telah melalui
    tahapan pemikiran Marxisme baru atau yang biasa kita kenal dengan nama
    Neo-Marxisme. Dari awal tahun 1900-1930an teori Marxian terus
    berkembang dan sebagian besar terlepas dari aliran utama teori sosiologi dan
    teori determinisme ekonomi. Kemunculan Mazhab Frankfurt yang melakukan
    kritik terhadap teori Marxisme awal disebut dengan teori kritis. Setelah
    berdiri beberapa tahun sejumlah pemikir yang sangat terkenal dalam teori
    Marxian bergabung dengan teori aliran kritis ini diantaranya Marx
    Horkheimer, Theodor Adorno, Erich Fromm, Herbert Marcuse, dan
    belakangan ini Jurgen Habermas. Institut ini berfungsi di Jerman hingga
    1934, tetapi kemudian semakin terganggu di bawah rezim Nazi, permusuhan
    Nazi terhadap institut semakin meningkat karena kebanyakan pakar yang
    bergabung dengan institut ini adalah Yahudi.

    Sedangkan Mahzab chicago lebih menitik beratkan pada efek komunikasi massa baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap khalayak. Disini digambarkan khalayak yang pasif saat menerima media. dengan positivisme empirik menitikberatkan penelitiannya pada pemecahan masalah kriminal, prostitusi, dan masalah-masalah lainnya yang timbul akibat industrialisasi dan urbanisasi yang berlangsung sangat cepat.

    ReplyDelete
  30. Nama:Rio pratama
    Nim:20702010087
    Prodi:ilmu komunikasi(reguler sore)


    Kritik Mazhab Frankfurt terhadap Mazhab Chicago, antara lain menyatakan bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik oleh Mazhab Chicago yang tidak menggunakan teori sosial secara umum tidak dapat mengkaji fenomena-fenomena komunikasi massa. Dalam hal penelitia mengenai ke efektifan pesan iklan, misalnya, disebabkan oleh pihak sponsor yang ingin mengetahui apakah dana yang dikeluarkannya bermanfaat atau tidak, maka di situ tidak di pertanyakan manfaat sosial dari iklan tersebut.

    ReplyDelete
  31. Nama : pahira tiara
    Nim : 20702010004
    Prodi : ilmu komunikasi
    Kelas : karyawan

    Penelitian yang dikembangkan oleh Mazhab Chicago dijuluki penelitian administratif (administrative research), yakni penelitian berdasarkan jasa. Karena disponsori atau didanai maka masalah yang diteliti tidak ditentukan oleh si peneliti sendiri, melainkan oleh sponsor yang memesannya.

    Jika kita bandingkan aliran empirik ini dengan Mazhab Frankfurt yang beraliran kritik, tampak bahwa apabila aliran empirik menekankan pada efek komunikasi pada khalayak dengan melakukan analisis isi (content analysis) dalam rangka menarik kesimpulan tentang efek komunikasi, maka aliran kritik pada pengawasan sistem komunikasi. Jadi, jika aliran kritik melakukan analisis isi, tujuannya adalah untuk mengambil kesimpulan tentang lembaga media massa yang menyebarkan pesan komunikasi, bukan untuk mengetahui efek komunikasi.

    Kritik Mazhab Frankfurt terhadap Mazhab Chicago, antara lain menyatakan bahwa penelitian komunikasi massa yang positivistik empirik oleh Mazhab Chicago yang tidak menggunakan teori sosial secara umum tidak dapat mengkaji fenomena-fenomena komunikasi massa.

    ReplyDelete
  32. Nama : king power stoper 20702010068
    Kelas: ilmu komunukasi

    Karena mahzab chicago lebih menitik beratkan pada efek komunikasi massa baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap khalayak, khalayak sendiri pasif dalam menerima pesan-pesa n media. Mahzab ini juga menganut aliran positivisme empirik.

    ReplyDelete