Nama: Hidayat NIM: 20702010003 Kelas: Karyawan Mata kuliah: Komunikasi Antar Pribadi Dosen Pengampu: Herdiansyah Amanu, M.I.Kom. Perihal: Tugas Kuliah.
Jawaban: Komunikasi antar pribadi adalah untuk menangani atau menghindari dari semua hal yang tidak kita inginkan, dari itu fungsi komunikasi sangat penting bagi masyarakat. mengatasi konflik dengan berkomunikasi agar bisa terpecahkan rasa iri dan dengki antar sesama untuk mempererat tali silaturahmi antar umat beragama. Untuk melakukan komunikasi dengan baik, sebaiknya kita mengetahui situasi dan kondisi serta karakteristik lawan bicara kita. sebgaimana yang kita tahu, bahwa setiap manusia itu seperti sebuah radar yang melingkupi lingkungan. manusia bias menjadi sangat sensitive pada Bahasa tubuh, ekspresi wajah, postur, gerakkan, intonasi suara. Maka dari itu konflik bisa diatasi dengan berkomunikasi dan hidup rukun.
Nama : Asri Firmansyah Nim : 20702010001 Kelas : Karyawan
- Adapun fungsi komunikasi antarpribadi ialah berusaha meningkatkan hubungan insan (human relations), menghindari dan mengatasi konflik-konflik pribadi, mengurangi ketidakpastian sesuatu, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. Melalui komunikasi antarpribadi, individu dapat berusaha membina hubungan yang baik dengan individu lainnya, sehingga menghindari dan mengatasi terjadinya konflik-konflik di antara individu-individu tersebut.
- contoh kasus : Komunikasi antar pribadi yakni didalam rumah tangga
Setiap hubungan antarpribadi mengandung unsur-unsur konflik, pertentangan pendapat atau perbedaan kepentingan. Konflik adalah situasi dimana tindakan salah satu pihak berakibat menghalangi, menghambat, atau mengganggu tindakan pihak lain (Johnson, 1981). Konflik dapat menjadikan kita sadar bahwa ada persoalan yang perlu dipecahkan dalam hubungan kita dengan orang lain. Apabila ada seorang siswa (TK) sedang menggambar dengan peralatan menggambar kepunyaannya (atau yang disediakan untuknya), kemudian ada kawannya ingin juga ikut menggambar tetapi tiba-tiba ia mengambil/menggunakan alat gambar temannya, lalu anak yang sedang menggamabar itu berteriak-teriak melapor kepada gurunya. Suasana tersebut menggambarkan bahwa ada perbedaan keinginan dari dua orang siswa tadi yang perlu diperhatikan dan di selesaikan dengan bantuan guru. Guru dalam hal ini bisa menyelesaikan masalah siswanya dengan memasukan nilai-nilai kebersamaan, nilai-nilai tenggang rasa, nilai etika (meminta ijin dulu sebelum memakai milik orang lain).
Komunikasi yang baik,mengetahui situasi dan kondisi serta karakteristik lawan bicara.Manusia menjadi sangat sensitif pada bahasa tubuh,ekspresi wajah,postur,gerakan,intonasi suara yang akan membantu individu untuk memberi penekanan pada kebenaran,ketulusan dan reliabilitas dari komunikasi itu sendiri.sehingga,dapat mpengaruhi pola pikir lawan bicara kita.contohnya:Ketika kita berbicara dan bertanya kepada seseorang haruslah menggunakan kata yang sopan,intonasi suara yang jelas sehingga orang yang mendengarkan dapat menjawab dengan sopan pula,dan contoh kasus dalam konflik,komunikasi antar pribadi dapat mengurangi atau mencegah timbulnya suatu konflik ,contoh dua saudara yang mengalami konflik karena ada perbedaan pendapat,dan untuk meredahkan dan mendamaikan dua kakak beradik itu,orang tua merupakan sebagai penengah untuk membantu menyelesaikan konflik tersebut.sehingga mereka bisa akur dan berdamai kembali.dengan adanya komunikasi antar pribadi maka permasalahan kecil yang timbul dapat ditekan.
Nama : Candra saputra Nim : 20702010045 Kelas : karyawan
Semakin baik komunikasi keluarga, semakin jarang remaja melakukan kenakalan. Efek positifnya adalah remaja merasa ada yang peduli dengan masalah, kehidupan, dan masa depannya. Sebaliknya, semakin jarang komunikasi di dalam keluarga, maka semakin tinggi pulalah remaja melakukan kenakalan. Hal ini terjadi karena keluarga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.Keluarga adalah dasar bagi kemanusiaan masyarakat. Remaja yang sering memiliki konflik tak terselesaikan dengan orang tuanya berada pada resiko yang tinggi untuk melakukan kenakalan. Adanya konflik di dalam keluarga membuat remaja kehilangan pengalaman personalnya, yang penuh cinta dan adanya tempat bernaung. Konflik terjadi ketika kedua belah pihak mengalami ketidaksepakatan mengenai suatu hal. Ketika hal itu terjadi maka keahlian resolusi konflik perlu untuk mengatasi perbedaan dan tetap menjalin hubungan yang positif. Ketika komunikasi dan solusi konflik dilihat sebagai sebuah masalah, maka kita harus merujuk pada adanya masalah di dalam hubungan antar pribadinya. Kemampuan untuk menyelesaikan konflik penting bagi semua tahapan perkembangan manusia, karena dapat mengarah pada hubungan yang produktif dan harmonis.
Nama : Erwin alvarisi Nim : 20702010037 Kelas : karyawan
Komunikasi antarpribadi bersifat kesetaraan atau ( kesetaraan ) yaitu pengakuan secara diam-diam bahwa kedua belah pihak menghargai, berguna, dan mempunyai sesuatu yang penting untuk disumbangkan. Seperti dalam pernyataan diatas bahwa Putu adalah gadis yang pintar, sedangkan Daya adalah seorang olahragawan. Selain itu juga persepsi orang lain mempengaruhi pandangan Daya dan Putu terhadap satu sama lain. 1. Mempercayai (trust) secara ilmiah sebagai didefinisikan sebagai perilaku perilaku orang lain untuk mencapai tujuan yang dikehendaki, yang tidak pasti dan dalam situasi yang penuh risiko. Adapun faktor utama yang menumbuhkan sikap percaya yaitu menerima, empati, dan kejujuran.
2. Suportif adalah sikap yang mengurangi defensif dalam komunikasi. Orang yang berlaku defensif bila ia tidak menerima, tidak jujur, dan tidak empati.
3. Sikap terbuka, yaitu kemauan peringatan dengan senang hati informasi yang diterima dalam menghadapi hubungan antarpribadi. Keterbukaan atau sikap terbuka sangat berpengaruh dalam menghadapi hubungan antar pribadi yang efektif. Keterbukaan adalah pengungkapan reaksi atau tanggapan kita terhadap situasi yang sedang memberikan informasi tentang masa lalu yang relevan untuk memberikan tanggapan kita di masa kini.
Nama : Yarli Rhomadon Wiranto Nim : 20702010013 MK : komunikasi Antar Pribadi
Salah satu fungsi dari komunikasi adalah menangani suatu konflik. Mengapa demikian hal tersebut pastinya sangat mempengaruhi sekali, karena dari berkomunikasi yang lebih baik dari komunikasi pribadi dapat meminimalisir terjadinya konflik
Nama : Crisye NIM : 20702010059 Kelas: Karyawan Prodi: Ilmu Komunikasi Mk : Komunikasi antar pribadi
Fungsi komunikasi dalam organisasi merupakan sarana untuk memodifikasi perilaku, memengaruhi perubahan, menyampaikan informasi, dan untuk mencapai tujuan. ”Communication is the lifeblood of an organization” adalah ungkapan yang menekankan bahwa organisasi tidak terpisahkan dari komunikasi. Komunikasi memberi sumbangan pemikiran tentang bagaimana berpikir dan bertindak dalam organisasi. Sebagian besar kegiatan komunikasi yang dilakukan dalam organisasi baik formal maupun informal dilakukan melalui komunikasi antar pribadi. Komunikasi antarpribadi yang efektif akan sangat membantu individu untuk semakin akrab satu sama lain, dan mencegah pertentangan yang akan menimbulkan konflik. Komunikasi interpersonal sebagai bentuk perilaku, dapat berubah dari sangat efektif ke sangat tidak efektif. Suatu saat komunikasi dapat memburuk dan pada saat lain dapat lebih baik. Memahami efektivitas komunikasi antar pribadi secara benar akan membuat individu merasa nyaman dalam organisasi, merasa terlibat dan memiliki kewajiban terhadap organisasi.
Salah satu fungsi dari komunikasi dalam menangani suatu konflik bisa terjadi kepada siapapun karena komunikasi sangatlah berpengaruh bagi kehidupan antar masyarakat, komunikasi yang baik adalah suatu sepemahaman antara 1 pihak dengan pihak yang lain dan juga dapat meleraikan masalah suatu konflik di kehidupan bermasyarakat. Salah satu contohnya sering kita temukan saat pemilu yang mana menyalah gunakan prasarana sebagai komunikasi yang menimbulkan terjadinya suatu konflik.
Nama : Herawan Fatoni Nim : 20702010044 P Kelas : Karyawan
* dimana adapun fungsi komunikasi antarpribadi ialah berusaha meningkatkan hubungan insan (human relations), menghindari dan mengatasi konflik-konflik pribadi, mengurangi ketidakpastian sesuatu masalah, topik, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. Melalui komunikasi antarpribadi, individu dapat berusaha membina hubungan yang baik dengan individu lainnya, sehingga menghindari dan mengatasi terjadinya konflik-konflik di antara individu-individu tersebut yang kemungkinan mendapatkan kan poin-poin atau hasil yang memuaskan antara sesama dari komunikasi yang terjalin.
ada seorang siswa sedang menggambar dengan peralatan menggambar kepunyaannya (atau yang disediakan untuknya), kemudian ada kawannya ingin juga ikut menggambar tetapi tiba-tiba ia mengambil/menggunakan alat gambar temannya, lalu anak yang sedang menggamabar itu berteriak-teriak melapor kepada gurunya. Suasana tersebut menggambarkan bahwa ada perbedaan keinginan dari dua orang siswa tadi yang perlu diperhatikan dan di selesaikan dengan bantuan guru. Guru dalam hal ini bisa menyelesaikan masalah siswanya dengan memasukan nilai-nilai kebersamaan, nilai-nilai tenggang rasa, nilai etika (meminta ijin dulu sebelum memakai milik orang lain
NAMA :EKO ARIE PRASETYA NIM. :20702010008 KELAS:KARYAWAN TGL. :20 MARET 2021
Kehidupan manusia sebagai makhluk bio-sosial dalam kehidupan yang aktif dinamis dalam bernegosiasi antar pribadi tak jarang muncul konflik, konflik antar pribadi ini disebabkan karena seseorang ingin menghalangi, menghambat, atau berseberangan dengan orang lain. Konflik dapat muncul dalam berbagai bentuk: konflik kepentingan, konflik atas harapan yang tak sama, konflik mengenai percapaian tujuan, secara khusus terdapat beberapa orang yang tergolong sebagai orang yang “conflict prone”. Secara umum, konflik tak dapat dihindari, namun perlu diselesaikan. Konflik dituduh sebagai penyebab pertengkaran, perpisahan, perceraian, penyakit jiwa, bahkan sampai tindak kekerasan. Untungnya sudah banyak orang menyadari bahwa kegagalan menangani konflik dengan cara yang konstruktif akan merusak hubungan yang telah harmonis. Namun, dilain pihak konflik akan memiliki manfaat bagi orang yang mengalaminya. Setiap orang dapat memilih cara yang dianggap terbaik untuk tetap menjaga hubungan antar pribadi. Ada tiga tipe kepribadian manusia: compliant, agresif dan menghindar, yang masing - masing memiliki karakteristik yang berbeda. Setiap orang mempunyai kebutuhan serta dapat memilih caranya tersendiri dalam memuaskan kebutuhannya (faktor belajar), sikap dan nilai yang dia kembangkan. Karakteristik pribadi sebagai sumber konflik memiliki beberapa dimensi: personal hubungan antar pribadi umum, dan hubungan formal. Karenanya seleksi atau promosi pegawai tak cukup dilakukan atas dasar kemampuan, kecerdasan, minat dan pengalaman kerja seseoran, tetapi perlu pula dikaji karakteristik pribadinya melalui pengamatan yang cermat mengenai cara dan sikap kerjanya sebagai anggota suatu lingkungan pekerja (apakah ada indikasi neurotic). Sebagai hasil belajar dalam hubungan antar pribadi akan menghasilkan strategi tertentu untuk menghadapi konflik yang melalui dua pertimbangan: Pertimbangan tujuan dan pertimbangan hubungan baik antar pribadi. Beberapa strategi yang perlu diambil dalam penyelesaian suatu konflik adalah: Menarik diri untuk menghindari konflik; Ingin diterima dan disukai orang lain; Berusaha mengalahkan lawan-lawannya dengan memaksakan kehendaknya; Memelihara hubungan baik dengan berlindung pada peraturan; dan Mementingkan tujuan dirinya dan juga orang lain
Nama : M. Rajab Sapriadi Nim : 20702010096 Kelas : Karyawan
Komunikasi antar pribadi sangatlah diperlukan untuk menjalin keharmonisan dan mencegah konflik serta menangani konflik.
Salah satu contohnya di era perkembangan komunikasi media sosial sering kita dengar banyaknya pemberitaan mengenai kasus perselisihan diantara suami istri yang berujung perceraian. kadang perselisihan terjadi karena hal sepele saja, kadang kurangnya kedekatan komunikasi langsung kepada pasangan yang berujung saling mencurigai atau kurangnya kepercayaan.
Hal ini dapat di selesaikan dengan pendekatan komunikasi secara langsung atau komunikasi antar pribadi sehingga pengiriman pesan yang disampaikan oleh pasangan dapat diterima langsung dengan baik dan tidak terdistorsi oleh gangguan-gangguan.
Nama :Levi afriandi Kelas :karyawan Nim :20702010095
Melalui komunikasi antarpribadi, individu dapat berusaha membina hubungan yang baik dengan individu lainnya, sehingga menghindari dan mengatasi terjadinya konflik-konflik di antara individu-individu tersebut.
Nama : Ramanda Nim : 20702010006 Prodi : Ilmu Komunikasi Kelas : Karyawan
Komunikasi antar pribadi adalah komunikasi yang melibatkan antar 2 orang, Komunikasi ini sangat penting dalam kehidupan apalagi sebagai perendam Konflik
Contoh ada masalah sebuah masalah di dalam keluarga Khususnya suami istri, ya diobrolin bedua, dijelaskan secara perlahan dan diatasi apa masalahnya secara bersamaan, cari solusinya gimana agar bisa kembali Membaik.
Nama:Efan Rifandi Nim:20702010032 Parodikan: ilmu komunikasi Kelas: karyawan
Contoh: Seperti pekerjaan (CS) Costumer service retail yg di mana konsumen komplain terhadap barang yg ia beli ternyata ada yg dobel scan, dan si konsumen pun marah-marah tetapi dengan kesabaran dan ke tabahan cs pun langsung melakukan komunikasi antarpribadi untuk meredahkan suatu konflik tersebut.
Ketika kita berinteraksi dengan orang lain tak jarang akan terjadi konflik.Namun perlu dipahami pula bahwa konflik tidak selalu berdampak negatif atau tidak produktif bagi partisipan komunikasi. Ketika kita dapat menangani konflik dengan baik maka akan mengarah pada kepuasan hubungan. • Contoh kasusnya adalah: ~ Saat presiden jokowi menetapkan UUD tentang ilegal miras, maka terjadi konflik dari berbagai pihak yg tidak setuju atas ketetapan tersebut, banyak sekali protes dari masyarakat tak sedikit bahkan dari kalangan mayoritas ulama yg menolak peraturan tersebut, saat banyaknya masukan dan saran dari berbagai pihak tentang penetapan UUD tersebut akhirnya jokowi mengubah keputusannya dan membatalkan UUD terkait ilegalisasi miras.
Nama : pahira tiara Nim : 20702010004 Kelas : karyawan
Contoh komunikasi dalam menangani konflik adalah dengan cara kompromi. Kompromi merupakan teknik komunikasi dengan cara memberi dan menerima perhatian yang cukup untuk diri sendiri dan juga untuk pihak lawan atau orang lain dalam menyelesaikan konflik yang terjadi.
Teknik komunikasi ini dapat digunakan saat pihak-pihak yang bersangkutan memiliki tujuan yang berlawanan maupun memiliki kekuatan yang seimbang. Sehingga nantinya tidak ada pihak yang kalah melainkan hanya bertujuan untuk menyelesaikan masalah sementara dan menciptakan solusi yang lebih efektif serta kreatif.
Nama: Hidayat
ReplyDeleteNIM: 20702010003
Kelas: Karyawan
Mata kuliah: Komunikasi Antar Pribadi
Dosen Pengampu: Herdiansyah Amanu, M.I.Kom.
Perihal: Tugas Kuliah.
Jawaban:
Komunikasi antar pribadi adalah untuk menangani atau menghindari dari semua hal yang tidak kita inginkan, dari itu fungsi komunikasi sangat penting bagi masyarakat. mengatasi konflik dengan berkomunikasi agar bisa terpecahkan rasa iri dan dengki antar sesama untuk mempererat tali silaturahmi antar umat beragama.
Untuk melakukan komunikasi dengan baik, sebaiknya kita mengetahui situasi dan kondisi serta karakteristik lawan bicara kita. sebgaimana yang kita tahu, bahwa setiap manusia itu seperti sebuah radar yang melingkupi lingkungan. manusia bias menjadi sangat sensitive pada Bahasa tubuh, ekspresi wajah, postur, gerakkan, intonasi suara.
Maka dari itu konflik bisa diatasi dengan berkomunikasi dan hidup rukun.
Nama : Asri Firmansyah
ReplyDeleteNim : 20702010001
Kelas : Karyawan
- Adapun fungsi komunikasi antarpribadi ialah berusaha meningkatkan hubungan insan (human
relations), menghindari dan mengatasi konflik-konflik pribadi, mengurangi ketidakpastian sesuatu,
serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. Melalui komunikasi antarpribadi,
individu dapat berusaha membina hubungan yang baik dengan individu lainnya, sehingga
menghindari dan mengatasi terjadinya konflik-konflik di antara individu-individu tersebut.
- contoh kasus : Komunikasi antar pribadi yakni didalam rumah tangga
Dedek Jusitira sunanta PB
ReplyDelete20702010012
Karyawan
Setiap hubungan antarpribadi mengandung unsur-unsur konflik, pertentangan pendapat atau perbedaan kepentingan. Konflik adalah situasi dimana tindakan salah satu pihak berakibat menghalangi, menghambat, atau mengganggu tindakan pihak lain (Johnson, 1981).
Konflik dapat menjadikan kita sadar bahwa ada persoalan yang perlu dipecahkan dalam hubungan kita dengan orang lain. Apabila ada seorang siswa (TK) sedang menggambar dengan peralatan menggambar kepunyaannya (atau yang disediakan untuknya), kemudian ada kawannya ingin juga ikut menggambar tetapi tiba-tiba ia mengambil/menggunakan alat gambar temannya, lalu anak yang sedang menggamabar itu berteriak-teriak melapor kepada gurunya. Suasana tersebut menggambarkan bahwa ada perbedaan keinginan dari dua orang siswa tadi yang perlu diperhatikan dan di selesaikan dengan bantuan guru. Guru dalam hal ini bisa menyelesaikan masalah siswanya dengan memasukan nilai-nilai kebersamaan, nilai-nilai tenggang rasa, nilai etika (meminta ijin dulu sebelum memakai milik orang lain).
Nama:Lia iska oktarina
ReplyDeleteNim:20702010065
Kelas:Karyawan
Komunikasi yang baik,mengetahui situasi dan kondisi serta karakteristik lawan bicara.Manusia menjadi sangat sensitif pada bahasa tubuh,ekspresi wajah,postur,gerakan,intonasi suara yang akan membantu individu untuk memberi penekanan pada kebenaran,ketulusan dan reliabilitas dari komunikasi itu sendiri.sehingga,dapat mpengaruhi pola pikir lawan bicara kita.contohnya:Ketika kita berbicara dan bertanya kepada seseorang haruslah menggunakan kata yang sopan,intonasi suara yang jelas sehingga orang yang mendengarkan dapat menjawab dengan sopan pula,dan contoh kasus dalam konflik,komunikasi antar pribadi dapat mengurangi atau mencegah timbulnya suatu konflik ,contoh dua saudara yang mengalami konflik karena ada perbedaan pendapat,dan untuk meredahkan dan mendamaikan dua kakak beradik itu,orang tua merupakan sebagai penengah untuk membantu menyelesaikan konflik tersebut.sehingga mereka bisa akur dan berdamai kembali.dengan adanya komunikasi antar pribadi maka permasalahan kecil yang timbul dapat ditekan.
Nama : Candra saputra
ReplyDeleteNim : 20702010045
Kelas : karyawan
Semakin baik komunikasi keluarga, semakin jarang remaja melakukan kenakalan. Efek positifnya adalah remaja merasa ada yang peduli dengan masalah, kehidupan, dan masa depannya. Sebaliknya, semakin jarang komunikasi di dalam keluarga, maka semakin tinggi pulalah remaja melakukan kenakalan. Hal ini terjadi karena keluarga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.Keluarga adalah dasar bagi kemanusiaan masyarakat. Remaja yang sering memiliki konflik tak terselesaikan dengan orang tuanya berada pada resiko yang tinggi untuk melakukan kenakalan. Adanya konflik di dalam keluarga membuat remaja kehilangan pengalaman personalnya, yang penuh cinta dan adanya tempat bernaung. Konflik terjadi ketika kedua belah pihak mengalami ketidaksepakatan mengenai suatu hal. Ketika hal itu terjadi maka keahlian resolusi konflik perlu untuk mengatasi perbedaan dan tetap menjalin hubungan yang positif. Ketika komunikasi dan solusi konflik dilihat sebagai sebuah masalah, maka kita harus merujuk pada adanya masalah di dalam hubungan antar pribadinya. Kemampuan untuk menyelesaikan konflik penting bagi semua tahapan perkembangan manusia, karena dapat mengarah pada hubungan yang produktif dan harmonis.
Nama : Erwin alvarisi
ReplyDeleteNim : 20702010037
Kelas : karyawan
Komunikasi antarpribadi bersifat kesetaraan atau ( kesetaraan ) yaitu pengakuan secara diam-diam bahwa kedua belah pihak menghargai, berguna, dan mempunyai sesuatu yang penting untuk disumbangkan. Seperti dalam pernyataan diatas bahwa Putu adalah gadis yang pintar, sedangkan Daya adalah seorang olahragawan. Selain itu juga persepsi orang lain mempengaruhi pandangan Daya dan Putu terhadap satu sama lain.
1. Mempercayai (trust) secara ilmiah sebagai didefinisikan sebagai perilaku perilaku orang lain untuk mencapai tujuan yang dikehendaki, yang tidak pasti dan dalam situasi yang penuh risiko. Adapun faktor utama yang menumbuhkan sikap percaya yaitu menerima, empati, dan kejujuran.
2. Suportif adalah sikap yang mengurangi defensif dalam komunikasi. Orang yang berlaku defensif bila ia tidak menerima, tidak jujur, dan tidak empati.
3. Sikap terbuka, yaitu kemauan peringatan dengan senang hati informasi yang diterima dalam menghadapi hubungan antarpribadi. Keterbukaan atau sikap terbuka sangat berpengaruh dalam menghadapi hubungan antar pribadi yang efektif. Keterbukaan adalah pengungkapan reaksi atau tanggapan kita terhadap situasi yang sedang memberikan informasi tentang masa lalu yang relevan untuk memberikan tanggapan kita di masa kini.
Nama : Yarli Rhomadon Wiranto
ReplyDeleteNim : 20702010013
MK : komunikasi Antar Pribadi
Salah satu fungsi dari komunikasi adalah menangani suatu konflik. Mengapa demikian hal tersebut pastinya sangat mempengaruhi sekali, karena dari berkomunikasi yang lebih baik dari komunikasi pribadi dapat meminimalisir terjadinya konflik
Nama : Crisye
ReplyDeleteNIM : 20702010059
Kelas: Karyawan
Prodi: Ilmu Komunikasi
Mk : Komunikasi antar pribadi
Fungsi komunikasi dalam organisasi merupakan sarana untuk memodifikasi perilaku,
memengaruhi perubahan, menyampaikan informasi, dan untuk mencapai tujuan. ”Communication
is the lifeblood of an organization” adalah ungkapan yang menekankan bahwa organisasi tidak
terpisahkan dari komunikasi. Komunikasi memberi sumbangan pemikiran tentang bagaimana
berpikir dan bertindak dalam organisasi.
Sebagian besar kegiatan komunikasi yang dilakukan dalam organisasi baik formal maupun
informal dilakukan melalui komunikasi antar pribadi. Komunikasi antarpribadi yang efektif akan
sangat membantu individu untuk semakin akrab satu sama lain, dan mencegah pertentangan yang
akan menimbulkan konflik.
Komunikasi interpersonal sebagai bentuk perilaku, dapat berubah dari sangat efektif ke sangat
tidak efektif. Suatu saat komunikasi dapat memburuk dan pada saat lain dapat lebih baik.
Memahami efektivitas komunikasi antar pribadi secara benar akan membuat individu merasa
nyaman dalam organisasi, merasa terlibat dan memiliki kewajiban terhadap organisasi.
Nama:Adilar Nouval luthfi
ReplyDeleteNim: 20702010035
Kesal : karyawan/Semester2
Salah satu fungsi dari komunikasi dalam menangani suatu konflik bisa terjadi kepada siapapun karena komunikasi sangatlah berpengaruh bagi kehidupan antar masyarakat, komunikasi yang baik adalah suatu sepemahaman antara 1 pihak dengan pihak yang lain dan juga dapat meleraikan masalah suatu konflik di kehidupan bermasyarakat.
Salah satu contohnya sering kita temukan saat pemilu yang mana menyalah gunakan prasarana sebagai komunikasi yang menimbulkan terjadinya suatu konflik.
Nama : Herawan Fatoni
ReplyDeleteNim : 20702010044 P
Kelas : Karyawan
* dimana adapun fungsi komunikasi antarpribadi ialah berusaha meningkatkan hubungan insan (human
relations), menghindari dan mengatasi konflik-konflik pribadi, mengurangi ketidakpastian sesuatu masalah, topik,
serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. Melalui komunikasi antarpribadi,
individu dapat berusaha membina hubungan yang baik dengan individu lainnya, sehingga
menghindari dan mengatasi terjadinya konflik-konflik di antara individu-individu tersebut yang kemungkinan mendapatkan kan poin-poin atau hasil yang memuaskan antara sesama dari komunikasi yang terjalin.
Intan Oktaviani/20702010038
ReplyDeleteKelas karyawan
ada seorang siswa sedang menggambar dengan peralatan menggambar kepunyaannya (atau yang disediakan untuknya), kemudian ada kawannya ingin juga ikut menggambar tetapi tiba-tiba ia mengambil/menggunakan alat gambar temannya, lalu anak yang sedang menggamabar itu berteriak-teriak melapor kepada gurunya. Suasana tersebut menggambarkan bahwa ada perbedaan keinginan dari dua orang siswa tadi yang perlu diperhatikan dan di selesaikan dengan bantuan guru. Guru dalam hal ini bisa menyelesaikan masalah siswanya dengan memasukan nilai-nilai kebersamaan, nilai-nilai tenggang rasa, nilai etika (meminta ijin dulu sebelum memakai milik orang lain
NAMA :EKO ARIE PRASETYA
ReplyDeleteNIM. :20702010008
KELAS:KARYAWAN
TGL. :20 MARET 2021
Kehidupan manusia sebagai makhluk bio-sosial dalam kehidupan yang aktif dinamis dalam bernegosiasi antar pribadi tak jarang muncul konflik, konflik antar pribadi ini disebabkan karena seseorang ingin menghalangi, menghambat, atau berseberangan dengan orang lain. Konflik dapat muncul dalam berbagai bentuk: konflik kepentingan, konflik atas harapan yang tak sama, konflik mengenai percapaian tujuan, secara khusus terdapat beberapa orang yang tergolong sebagai orang yang “conflict prone”. Secara umum, konflik tak dapat dihindari, namun perlu diselesaikan. Konflik dituduh sebagai penyebab pertengkaran, perpisahan, perceraian, penyakit jiwa, bahkan sampai tindak kekerasan. Untungnya sudah banyak orang menyadari bahwa kegagalan menangani konflik dengan cara yang konstruktif akan merusak hubungan yang telah harmonis. Namun, dilain pihak konflik akan memiliki manfaat bagi orang yang mengalaminya. Setiap orang dapat memilih cara yang dianggap terbaik untuk tetap menjaga hubungan antar pribadi. Ada tiga tipe kepribadian manusia: compliant, agresif dan menghindar, yang masing - masing memiliki karakteristik yang berbeda. Setiap orang mempunyai kebutuhan serta dapat memilih caranya tersendiri dalam memuaskan kebutuhannya (faktor belajar), sikap dan nilai yang dia kembangkan. Karakteristik pribadi sebagai sumber konflik memiliki beberapa dimensi: personal hubungan antar pribadi umum, dan hubungan formal. Karenanya seleksi atau promosi pegawai tak cukup dilakukan atas dasar kemampuan, kecerdasan, minat dan pengalaman kerja seseoran, tetapi perlu pula dikaji karakteristik pribadinya melalui pengamatan yang cermat mengenai cara dan sikap kerjanya sebagai anggota suatu lingkungan pekerja (apakah ada indikasi neurotic). Sebagai hasil belajar dalam hubungan antar pribadi akan menghasilkan strategi tertentu untuk menghadapi konflik yang melalui dua pertimbangan: Pertimbangan tujuan dan pertimbangan hubungan baik antar pribadi. Beberapa strategi yang perlu diambil dalam penyelesaian suatu konflik adalah: Menarik diri untuk menghindari konflik; Ingin diterima dan disukai orang lain; Berusaha mengalahkan lawan-lawannya dengan memaksakan kehendaknya; Memelihara hubungan baik dengan berlindung pada peraturan; dan Mementingkan tujuan dirinya dan juga orang lain
Nama : M. Rajab Sapriadi
ReplyDeleteNim : 20702010096
Kelas : Karyawan
Komunikasi antar pribadi sangatlah diperlukan untuk menjalin keharmonisan dan mencegah konflik serta menangani konflik.
Salah satu contohnya di era perkembangan komunikasi media sosial sering kita dengar banyaknya pemberitaan mengenai kasus perselisihan diantara suami istri yang berujung perceraian. kadang perselisihan terjadi karena hal sepele saja, kadang kurangnya kedekatan komunikasi langsung kepada pasangan yang berujung saling mencurigai atau kurangnya kepercayaan.
Hal ini dapat di selesaikan dengan pendekatan komunikasi secara langsung atau komunikasi antar pribadi sehingga pengiriman pesan yang disampaikan oleh pasangan dapat diterima langsung dengan baik dan tidak terdistorsi oleh gangguan-gangguan.
Nama :Levi afriandi
ReplyDeleteKelas :karyawan
Nim :20702010095
Melalui komunikasi antarpribadi,
individu dapat berusaha membina hubungan yang baik dengan individu lainnya, sehingga
menghindari dan mengatasi terjadinya konflik-konflik di antara individu-individu tersebut.
Nama : Ramanda
ReplyDeleteNim : 20702010006
Prodi : Ilmu Komunikasi
Kelas : Karyawan
Komunikasi antar pribadi adalah komunikasi yang melibatkan antar 2 orang, Komunikasi ini sangat penting dalam kehidupan apalagi sebagai perendam Konflik
Contoh ada masalah sebuah masalah di dalam keluarga Khususnya suami istri, ya diobrolin bedua, dijelaskan secara perlahan dan diatasi apa masalahnya secara bersamaan, cari solusinya gimana agar bisa kembali Membaik.
Nama:Efan Rifandi
ReplyDeleteNim:20702010032
Parodikan: ilmu komunikasi
Kelas: karyawan
Contoh: Seperti pekerjaan (CS) Costumer service retail yg di mana konsumen komplain terhadap barang yg ia beli ternyata ada yg dobel scan, dan si konsumen pun marah-marah tetapi dengan kesabaran dan ke tabahan cs pun langsung melakukan komunikasi antarpribadi untuk meredahkan suatu konflik tersebut.
Nama :fitri febriani
ReplyDeleteNim :20702010005
Ketika kita berinteraksi dengan orang lain tak jarang akan terjadi konflik.Namun perlu dipahami pula bahwa konflik tidak selalu berdampak negatif atau tidak produktif bagi partisipan komunikasi. Ketika kita dapat menangani konflik dengan baik maka akan mengarah pada kepuasan hubungan.
• Contoh kasusnya adalah:
~ Saat presiden jokowi menetapkan UUD tentang ilegal miras, maka terjadi konflik dari berbagai pihak yg tidak setuju atas ketetapan tersebut, banyak sekali protes dari masyarakat tak sedikit bahkan dari kalangan mayoritas ulama yg menolak peraturan tersebut, saat banyaknya masukan dan saran dari berbagai pihak tentang penetapan UUD tersebut akhirnya jokowi mengubah keputusannya dan membatalkan UUD terkait ilegalisasi miras.
Nama : pahira tiara
ReplyDeleteNim : 20702010004
Kelas : karyawan
Contoh komunikasi dalam menangani konflik adalah dengan cara kompromi. Kompromi merupakan teknik komunikasi dengan cara memberi dan menerima perhatian yang cukup untuk diri sendiri dan juga untuk pihak lawan atau orang lain dalam menyelesaikan konflik yang terjadi.
Teknik komunikasi ini dapat digunakan saat pihak-pihak yang bersangkutan memiliki tujuan yang berlawanan maupun memiliki kekuatan yang seimbang. Sehingga nantinya tidak ada pihak yang kalah melainkan hanya bertujuan untuk menyelesaikan masalah sementara dan menciptakan solusi yang lebih efektif serta kreatif.